Khasanah Ilmu hadiri Undangan Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Membaca di BPAD DIY

marsono_marsono 05 Agustus 2019 11:36:18 WIB

Dengok.playen – Pengelola Perpustakaan desa khasanah ilmu menghadiri acara Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca di Provinsi dan Kabupaten/Kota 2019 yang digelar di Gedung BPAD ruang Auditorium Grahatama, Senim (5/8/2019).

 

Kegiatan terselenggara atas kerjasama Perpustakaan Nasional RI dengan Pemkot D.I.Yovyakarta ini mengangkat tema “Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

 

Abi menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan safari gerakan pembudayaan gemar membaca nasional ini. Menurut dia, budaya gemar membaca harus ditumbuhkembangkan sejak dini pada anak-anak. “Anak gemar membaca menjadi suatu yang harus ditumbuhkembangkan di lingkungan masyarakat kita. Karena melalui generasi gemar membaca maka mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” Abi

 

Abi mengungkapkan bahwa sejak kecil, mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA dirinya selalu menjadi penjaga perpustakaan. Karena memang gemar membaca. Hal itu dilakukan tidak lain agar menambah ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya.

 

Abi berharap agar pemerintah selaku leading sector dapat memfasilitasi pengembangan budaya gemar membaca ini selain dengan membangun dan mengelola perpustakaan dengan baik agar pembaca merasa nyaman dan betah, juga  menyelenggarakan lomba membaca, lomba bedah buku dan lomba membacakan cerita yang berkaitan dengan peningkatan minat baca masyarakat.

 

“Siapapun itu, dengan membaca dapat menambah ilmu pengetahuan. Tetapi kita harus membuat frame membaca yang baik. Supaya kita bisa menyaring mana yang benar, mana yang baik dan mana yang bermanfaat,” jelas Abi.

 

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI diwakili oleh Ibu sri sumekar mengatakan perpustakaan menjadi sahabat terbaik bagi masyarakat, guna mengembangkan potensi masyarakat yang bermental budaya gemar membaca.

 

“Peningkatan budaya gemar membaca dalam rangka mewujudkan masyarakat yang cerdas, kompetitif dan inovatif. Untuk itu diperlukan upaya terprogram terarah dan berkelanjutan. Salah satunya melalui safari gerakan nasional budaya gemar membaca ini ke seluruh daerah di Indonesia, termasuk di D.I.Yogyakarra ini,” kata beliau

 

Turut hadir, anggota DPR RI Esti Wijayanti, kepala BPAD, Kepala Dinas Perpustakaan Se D.I Yogyakarta, dan komunitas baca lainya. (khasanahilmu123@gmail.com). 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung