Membuat Bunga Dari Sampah Plastik

marsono_marsono 12 Januari 2020 21:25:08 WIB

Bunga – bunga dari kantong plastik

Alat dan bahan :

Benang

 

Kantong plastik (berwarna merah dan hijau)

 

Gunting

 

Kawat atau bisa menggunakan lidi dari sapu

 

Vas bunga

 

Langkah-langkah membuatnya adalah sebagai berikut:

 

Pertama-tama kamu harus menyiapkan alat dan bahan di atas ( kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan tersebut secara gratis yaitu bekas kantong plastik yang sudah tidak terpakai). Biasanya di sekitar rumah anda pasti ada.

 

Selanjutnya adalah membentangkan kantong plastik yang berwarna merah secara rapi, lali dilipat beberapa kali supaya memudahkan kamu untuk memotong.

 

Setelah dibentangkan, maka kantong plastik tersebut dipotong secara horizontal dengan ukuran 16 hingga 20 cm sesuai dengan ukuran bunga yang akan anda inginkan.

 

Pada salah satu bagian ujungnya di gunting sehingga kamu akan mendapatkan bahan persegi panjang yang panjangnya sesuai dengan ukuran kantong plastik yang akan digunakan. Serta antara lebar dan tingginya telah sesuai dengan yang akan dipakai.

 

Lipatlah kantong plastik yang sudah dipotong-potong tadi dari atas ke bawah.

 

Di bagian lipatan yang atas, kamu menggunakan kedua tangan yaitu gunakan jempol dan telunjuk untuk memutar plastik secara dengan arah yang berlawanan supaya bisa menghasilkan sebuah lekukan. Lekukan tersebut memiliki fungsi untuk membentuk kelopak bunga seperti aslinya. Ketika kamu membuat lekukan, maka diusahakan supaya plastiknya tidak koyak dan sobek.

 

Lalu plastiknya digulung dari ujung yang satu dengan lingkarannya secara satu per satu atau bertahap. Dalam membuat gulungan sebaiknya buat gulungan kecil untuk yang bagian dalam dan semakin bertambah besar untuk yang bagian luarnya.

 

Bagian bawah pada gulungan diikat dengan menggunakan tali ataupun benang yang tadi sudah anda siapkan. Di bagian atasnya buatlah lipatan yang ada lekukannya sehingga terbentuk seperti sebuah bunga.

 

Selanjutnya adalah merapikan bentuk kelopak bunga dengan sedemikian rupa supaya bisa menghasilkan bentuk yang kamu inginkan. Hasilnya nanti kurang lebih akan menjadi lebih indah. Bila kamu ingin membuat beberapa atau banyak bunga maka kamu bisa melakukan langkah yang  sama seperti dengan yang di atas .

 

Untuk membuat daun, maka kamu tinggal menggunting kantung plastik yang berwarna hijau. Ukurannya adalah setengah ukuran plastik yang merah tadi yaitu dengan panjang 15 cm dan lebar kurang lebih sekitar 8 cm.

 

Selanjutnya adalah membentangkan plastik yang berwarna hijau dan sudah digunting. Lalu lipat plastik yang berwarna hijau dengan tetap mengaturnya agar pada bagian kiri dan kanan plastik bisa terbentuk lipatan. Setelah itu putar pada bagian tengahnya sebanyak dua kali dan lipat secara simetris sehingga membentuk sebuah daun.

 

Setelah jadi, pasangkan kawat atau lidi ke bagian bawah bunga lalu selipkan di dalam lipatannya. Ikatlah dengan menggunakan benang atau tali.

 

Daun yang tadi sudah dibuat juga dipasangkan sebelumnya ke batang dengan letak dan jumlah yang sesuai dengan keinginan kamu.

 

Kawat dilapisi dengan menggunakan kantung plastik yang berwarna hijau dari bagian bawah hingga ke ujung batang bagian atas. Namun, sebelumnya gunting dahulu plastik yang berwarna hijau selebar 2 cm. Cara melapisinya dengan memutar plastik secara teratur agar tidak menjadi gumpalan sehingga nanti bisa menghasilkan bunga mawar yang indah dan menarik.

 

Buatlah beberapa tangkai sesuai dengan selera kamu lalu jadikanlah satu serta masukkan ke dalam vas bunga ataupun tempat yang kamu inginkan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung