Bank Sampah Dengok Belajar Plastik Kresek

marsono_marsono 12 Januari 2020 21:29:50 WIB

Kantong plastik kresek merupakan salah satu sumber masalah yang sangat serius bila tidak didaur ulang keberadaannya. Karena keberadaan kantong plastik kresek dapat menyebabkan pencemaran tanah sehingga harus benar-benar diperhatikan secara lebih. Setiap orang pasti menggunakan kantong plastik kresek untuk berbagai macam keperluan. Namun seringkali penggunaannya dibuang begitu saja ke tanah bila sudah tidak digunakan lagi. Kantong plastik ini padahal merupakan salah jenis sampah yang sangat sulit untuk diuraikan sehingga keberadaanya di dalam tanah dapat menyebabkan kerusakan pada daur ekosistem tanah.

 

 Salah satu jenis sampah yang memang menimbulkan suatu masalah kebersihan yang sangat serius saat ini adalah jenis sampah kantong plastik. Karena sebagian besar barang yang dibeli oleh setiap manusia pasti menggunakan kantong plastik ini sebagai pembungkusnya. Dan bila sudah tidak digunakan lagi maka mereka akan membuangnya begitu saja. Sehingga hal tersebut akan menimbulkan sampah plastik ada dimana-mana dan meruska pemandangan sekitar.

 

Tidak hanya dapat merusak keindahan sekitar saja, akan tetapi sampah kantong plastik yang berserakan dimana-mana akan menimbulkan suatu masalah karena tidak dapat membusuk. Kalaupun nantinya sampah tersebut dibakar, juga akan menyebabkan timbulnya polusi udara di lingkungan sekitar. Apalagi bila anda membakar sampah-sampah plasttik tersebut di area pemukiman yang padat penduduknya tentunya akan mengganggu lingkungan sekitar

 

Sampah yang terbuat dari pastik sangat perlu untk di daur ulang atau digunakan kembali. Supaya keberadaannya yang lama-kelamaan bisa menumpuk dan menimbulkan masalah serius bagi tanah. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendaur ulang sampah kantong plastik ini. Salah satunya adalah dengan menjadikan sampah kantong plastik tersebut sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan.

 

Oleh sebab itu, alangkah baiknya bila kita tidak membuang sampah plastik bekas secara sembarangan. Kita harus lebih kreatif dalam memanfaatkan kantung plastik sebagai bahan untuk berkreasi. Banyak sekali hal-hal yang dapat kita lakukan dengan menjadikan kantong plastik bekas dan sudah tidak terpakai sebagai bahan untuk membuat suatu kreasi yang indah.

 

Hal itu, selain untuk mengurangi sampah plastik yang berserakan dimana-mana juga dengan hasil pemanfaatan kantung palstik bekas tersebut sebagai bahan dalam membuat kerajinan tangan yang tidak kalah menarik dengan yang lain. misalnya untuk membuat kerajinan tangan bunga-bungaan, seperti bunga mawar, bunga dahlia, dan lain-lain. Dan tentunya kerajinan tangan yang terbuat dari kantong plastik bekas tersebut dapat dijadikan sebagai penghias ruangan di rumah dan akan lebih bermanfaat lagi dari pada hanya sebagai sampah.

daro berbagai sumber

Bank Sampah Desa Dengok Belajar

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung