Pembuatan Permainan Buzz Wire Dengok V

marsono_marsono 21 Januari 2020 22:48:30 WIB

Salah satu program kerja kelompok 36 yang terlaksana adalah pembuatan permainan buzz wire dan pemberian materi singkat mengenai fisika listrik bagi anak – anak. Program ini penting untuk dilaksanakan agar anak – anak dapat mengerti bahwa belajar kelistrikan itu menyenangkan dan tidak berbahaya apabila tahu mengenai konsep dasarnya. Sasaran program kerja ini adalah siswa sekolah menengah pertama dan di dusun Dengok 5 memiliki lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah setara SMP yang bernama MTs Yappi Dengok 5. Pencarian bahan dan alat serta pembuatan permainan ini mulai dikerjakan pada tanggal 5 Januari – 9 Januari 2020. Pengerjaan alat di bantu oleh seluruh anggota KKN kelompok 36. Pada tanggal 10 Januari 2020, kami mulai kordinasi dengan kepala sekolah MTs Yappi Dengok untuk meminta izin dan menentukan tanggal dan waktu untuk memulai pemberian materi dan presentasi alat bagi anak – anak MTs.

 

Pemberian materi dan presentasi alat mulai pada tanggal 14 Januari 2020 pada jam 10.00 – 12.00 siang. Seluruh siswa di setiap kelas di kumpulkan menjadi 1 kelas karena MTs Yappi Dengok hanya memiliki 27 orang siswa yang belajar di sekolah tersebut. Setelah siswa terkumpul menjadi satu kelas lalu dilaksanakan pemberian materi. Pemberian materi berupa konsep pengertian fisika listrik, rangkaian seri dan paralel serta rangkaian terbuka dan tertutup. Di sela – sela pemberian materi, diberikan beberapa pertanyaan untuk mencoba mengetahui seberapa jauh mereka mengerti tentang materi yang telah diberikan dan bagi yang benar menjawab, diberikan bolpoin. Setelah pemberian materi selesai, selanjutnya adalah presentasi dan demo alat yang telah dibuat. Setiap perwakilan 3 siswa putra dan putri memiliki kesempatan untuk mencoba permainan ini, dan bagi yang berhasil memenangkan permainan maka bagi siswa putra diberikan 1 set obeng dan bagi siswa putri diberikan cangkir mug. Setelah selesai permainan, diberikan review singkat dan motivasi bagi siswa MTs untuk semangat belajar dan mencoba hal baru. Alat yang telah dibuat dalam program kerja ini diberikan kepada MTs sebagai kenang – kenangan dan tanda terima kasih serta kami berharap alat ini dapat digunakan sebagai media belajar siswa.

 

 

Tujuan proker ini terlaksana dengan baik yaitu membuat siswa mengerti dan tertarik mengenai konsep dasar ilmu fisika listrik sederhana, sementara untuk indikator keberhasilan semua sudah terlaksana dengan baik pula yaitu . Program ini kemungkinan dapat berlanjut dengan diberikannya motivasi bagi siswa untuk belajar cara membuat alat ini atau membuat alat yang baru yang dapat dijadikan sarana pembelajaran. Permasalahan yang ditemui selama pembuatan alat ini adalah pencarian bahan kawat tembaga yang sulit, persiapan alat dan bahan yang rumit serta komponen – komponen yang mahal. Permasalahan yang ditemui selama melaksanakan program kerja ini adalah pergantian sasaran program kerja yang awalnya adalah siswa SD menjadi siswa MTs sehingga materi yang telah dipersiapkan harus diubah kembali. Selain itu, siswa yang ada di MTs Yappi Dengok hanya berjumlah 27 orang yang dijadikan 1 kelas pada pemberian materi yang kami lakukan kemarin sehingga materi yang diterima masing – masing siswa berbeda sehingga kami harus menyesuaikan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung