Reog Anak Desa Dengok

marsono_marsono 30 Januari 2020 22:38:33 WIB

Indonesia terkenal dengan berbagai ragam contoh seni budaya nusantara beserta khasnya. Dan tiap-tiap daerah mempunyai khas seni  masing-msing diantaranya tari. Ada berbagai macam contoh seni tari yang terdapat di indonesia, misalnya tari reog ponorogo yang akan saya bahas di bawah ini.

 

Pengertian Tari Reog Ponorogo

 

Kesenian tari Reog merupakan salah satu kesenian yang berasal dari Jawa Timur bagian barat laut dan Ponorogo. jenis jenis tarian jawa timur seperti yang ada di Ponorogo disebut sebagai kota asal kesenian reog yang sebenarnya karena pada gerbang kota Ponorogo dihiasi dengan dua sosok bagian dari kesenian ini. Dua sosok tersebut adalah Warok dan Gemblak. Kesenian ini masih berbau dengan hal-hal mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.

 

Sejarah Kesenian Reog

 

Sejarah kesenian reog berasal dari cerita rakyat. Ada lima versi cerita yang berkembang namun yang paling terkenal adalah cerita tentang pemberontakan Ki Ageng Kutu. Diceritakan bahwa Ki Ageng Kutu yang merupakan seorang abdi kerajaan pada masa Bhre Kertabumi pada abad ke-15. Ia murka akan pemerintahan sang raja korup yang dipengaruhi sang istri raja majapahit yang berasal dari cina. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung