Campursari Dengok

marsono_marsono 31 Januari 2020 22:18:10 WIB

Dengok_Campursari ringkes atau populer disebut elektone menjadi pilihan hiburan untuk berbagai acara di Kabupaten Gunungkidul. Terutama saat acara pernikahan dan tasyakuran khitan, keberadaan elektone sudah menjadi kebutuhan.

 

Musik elektone diiringi dengan permainan alat musik keyboard, kendang, dan ketipung, dan penyanyi. Tetap eksisnya musik elektone dan tingginya permintaan pasar menjadi peluang bagi masyarakat yang mempunyai bakat untuk menyalurkan kemampuan seninya.

 

Dampaknya, kini ratusan masyarakat Gunungkidul berprofesi sebagai seniman, baik itu pemusik ataupun penyanyi.

 

Namun demikian ada salah satu grup musik elektone di Desa Dengok, Kecamatan Playen yang terbilang unik. Sebab anggota grup tersebut berasal dari satu keluarga.

 

Grup tersebut bernama Ragil Laras. Mulai dari bapak, ibu, anak, menantu, hingga cucu, semua terlibat dalam grup dengan peran masing-masing. Mereka adalah Harsono (keyboard), Martini (penyanyi), Prapti (penyanyi) didukung Enpri, Bambang, dan Bayu yang piawai main ketipung dan kendang.

 

"Semangat dari ibu (Martini) itu memotivasi kita. Sejak kecil hidup di tengah keluarga yang semua jadi seniman, jadi kayak terbius gitu," kata Bambang, anak Martini, Kamis (30/01/2020).

 

Tembang-tembang Jawa klasik menjadi andalan grup itu. Pasalnya, Martini juga merupakan seorang sinden senior di Kabupaten Gunungkidul. 

 

Semangat Martini menggeluti profesinya membawa grup yang ia miliki masih eksis hingga sekarang. Meskipun usia Martini kini sudah 58 tahun, namun job menyanyinya masih lumayan laris.

 

"Mengikuti jaman saja. Kalau dulu saya cuma nyinden, tapi karena sekarang jamannya elekton, saya ikuti permintaan pasar akhirnya bikin grup elektone," tutur Martini.

 

Martini berujar bahwa untuk menjaga kualitas suara ia memilih tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang neko-neko. Rutin minum jamu tradisional menjadi salah satu Martini dalam menjaga vokal agar tetap bagus saat pentas. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung