Pemdes Dengok Fasilitasi Bahan Penyemprotan

marsono_marsono 27 Maret 2020 01:17:11 WIB

Sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona disease (COVID-19) Warga Desa Dengok Dari Padukuhan 1 sampai 6 melakukan penyemprotan disinfektan sejak Kamis (26/03/2020) lalu. Kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan di area seputaran dengok.

 

Kegiatan ini difasilitasi oleh Pemerintah Desa Dengok sebagai upaya penanggulangan bencana. Pemerintah Desa Dengok dalam hal ini menyediakan alat dan bahan untuk penyemprotan. Kegiatan ini merupakan kegiatan masal di Desa Dengok dan dilaksanakan di 6 Padukuhan yang ada di Desa Dengok.

 

Prioritas utama penyemprotan disinfektan ini adalah fasilitas umum yang sering digunakan masyarakat seperti pos ronda, masjid, Balai Padukuhan, jalan pemukiman warga sampai dengan area perumahan warga.

 

Kegiatan penyemprotan disinfektan ini dikoordinir oleh Dukuh, RT/RW, Karang Taruna, dan Tokmas.

Dalam pelaksanaannya kegiatan ini merupakan kedua kalinya detelah sebelumnnya melaksanakan kegiatan secsra mandiri, sedangkan untuk yang kali ini atau yang kedua kalinya merupakan fasilitasi dari Pemerintah Desa Dengok.

 

Tahap persiapan yang dilakukan sebelum kegiatan penyemprotan cukup sederhana, yakni mengosongkan area atau kawasan yang akan disemprot disinfektan. Meskipun penyemprotan disinfektan dilakukan saat siang hari, namun pengosongan area atau kawasan ini menjadi lebih mudah karena partisipasi masyarakat yang kompak. Selain itu aktifitas di sekitar kawasan juga dihentikan sementara.

 

Pada saat penyemprotan pun petugas memakai APD (Alat Pelindung Diri) seperti masker, kacamata, dan sarung tangan. Penyemprotan ini dilakukan tak hanya di lingkungan sekitar rumah saja namun sampai ke dalam rumah warga. Sehingga setelah penyemprotan harus menunggu sekitar 2,5 jam untuk proses penguapan alcohol yang menempel pada permukaan.

 

Kepala Desa Dengok, Suyanto, S.T, juga menghimbau masyarakat agar dapat rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mengurangi berkerumun dengan orang-orang, jika harus berpergian jauh bisa menggunakan masker, sedia handsanitizer, menjaga kebersihan dan menjaga pola makan, serta konsumsi vitamin , menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung