WARGA DENGOK LESTARIKAN TRADISI GUMBREGAN

marsono_marsono 27 September 2017 13:00:59 WIB

Dengok (SID) – Kabupaten Gunungkidul tidak hanya menyimpan puluhan tempat wisata yang semakin hari semakin berkembang, Akan tetapi warga Masyarakat Gunungkidul khusunya di Desa Dengok masih menjaga tradisi hingga saat ini. Tradisi yang sudah ada sejak nenek moyang ini masih lestari di lakukan dan di uri-uri oleh masyarakat Desa Dengok yakni Tradisi Gumbreg.

 

Traddisi Gumbreg ( Gumbreg’an) sendiri biasanya di lakukan pada Wuku Gumbreg (bulan Jawa) masyarakat Desa Dengokl sendiri melestarikan Gumbregan ini untuk mengungkapkan rasa Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Gumbregan sendiri biasanya disimboliskan dengan adanya beberapa sesaji hasil panen seperti Ketupat, ketan, jagung goreng, dan singkong.Makanan Gumbregan biasanya di bawa menuju balai desa dan di doakan oleh sesepuh desa setelah di doakan makanan tersebut biasanya dimakan bersama anggota keluarga. Setelah sisa makanan yang di berikan kepada ternak biasanya

 

Hewan ternak yang biasa di kasih makan adalah sapi dan kambing. Karena hewan tersebut sangat membantu para warga Desa Dengok selain dari hasil jualnya hewan tersebut juga bisa di ambil pupuknya untuk memupuk tanaman pertanian dan untuk membajak ladang.

 

Tradisi Gumbregan ini biasanya di lakukan di saat sore hari atau menjelang petang, ketika para warga dan petani pulang dari ladang mereka. Tradisi leluhur yang masih lestari hingga saat ini di kala dunia sudah kian maju dan modern.(abi)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung