Perpus Kalurahan 'Khasanah Ilmu' Terima Bantuan dari BPD DIY

marsono_marsono 06 Juli 2020 07:16:46 WIB

Dukung Perpuskal, Sembilan Kalurahan Terima CSR dari BPD DIY

PT. Bank Pembangunan Daerah DIY Cabang Wonosari menyerahkan Corporate Social Responsibility senilai Rp 100 juta kepada 9 Perpustakaan Kalurahan (Perpuskal) di Kabupaten Gunungkidul.

 

Bantuan diserahkan Pemimpin BPD DIY Cabang Wonosari, Plati Soulistyanti kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Gunungkidul, Ali Ridlo dan dihadiri 9 lurah, termasuk Lurah Dengok Suyanto, S.T

 

CSR diharapkan mendukung perpustakaan kalurahan berbasis inklusi sosial. Tidak hanya sekedar membaca, namun dikembangkan literasi pembelajaran produktif. Mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat,” (BPD DIY)

 

Di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak ekonomi menurun, BPD DIY mendorong program perpustakaan kalurahan bangkit dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dengan demikian perpustakaan dapat menambah pengetahuan dan membantu Pemda Gunungkidul dalam mengurangi angka kemiskinan. 

 

Salah satu penerima CSR yakni Perpustakaan Khasanah Ilmu, Kalurahan Dengok, Kapanewon Playen. Adapun peruntukanya untuk pembelian Sarpras sesuai dengan proposal yang telah diajukan.

 

Sedangkan perpustakaan penerima lainnya berasal dari Kalurahan Kepek, Semanu, Sambirejo, Pengkol, Wonosari, Ngalang, Bejiharjo dan Bedoyo.

 

Sebanyak 39 perpustakaan kalurahan sudah dikembangkan berbasis inklusi. Artinya tidak hanya pinjam buku, tetapi melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan. Baik itu pengolahan makanan lokal sesuai potensi hingga seni budaya. Termasuk pelatihan Bahasa Inggris, pemasaran online,” tambah_nya

 

Bantuan CSR BPD DIY sangat bermanfaat untuk mendukung sarana prasarana teknologi. Perpustakaan kini dikembangkan informasi komunikasi, baik membaca buku maupun internet agar muncul ide, ilmu, wawasan dan gagasan. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung