FAFI Home Made Mendukung UMKM

marsono_marsono 29 Januari 2021 10:39:39 WIB

SIDA Dengok. Anyaman talikur mendukung UMKM

 

Kontribusi usaha mikro kecil menengah (UMKM) terhadap perekonomian Indonesia memang cukup besar.

 

Dilansir dari situs Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), peran UMKM yang pertama adalah memperluas kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja.

 

Manfaat selanjutnya adalah dalam pembentukan produk domestik bruto (PDB) dan penyediaan jaring pengaman, terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah demi menjalankan kegiatan ekonomi produktif.

 

Kementerian Koperasi dan UKM RI menyebutkan, berdasarkan Sensus Badan Pusat Statistik, UMKM menyerap hingga 89,2 persen dari total tenaga kerja.

Selain itu, UMKM menyediakan hingga 99 persen dari total lapangan kerja, menyumbang 60,34 persen dari total PDB nasional, 14,17 persen dari total ekspor, dan 58,18 persen dari total investasi.

Oleh karena itu, UMKM perlu didukung semua pihak, baik pemerintah, maupun masyarakat Indonesia.

Untungnya, saat ini produk lokal hasil UMKM makin digemari kaum millenial di Tanah Air. Salah satu sebabnya karena produk yang dihasilkan ternyata memang berkualitas. 

 

Sebagai contoh anyaman tas Tali Kurr Produk ini digemari para milenial karena adanya inovasi dalam menyuguhkan tas yang dianyam menggunakan tangan.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung