Basmi Walang Sangit

marsono_marsono 02 Februari 2021 19:07:48 WIB

SIDA. Kalurahan Dengok, beberapa hari kedepan petani di kalurahan Dengok siap berpesta panen raya. Dikarenakan panen tidak bisa berbarengan setiap satu lahan yg di Panen maka hama walang sangit akan menyerang pindah ke hama lainya.

Berikut cara cegah walang sangit , semoga info dari sumber intrnet ini bisa bermanfaat. 

 

 

Walang sangit akan menghisap cairan buah padi. Jika hal ini sudah terjadi, maka kemungkinan tanaman padi tersebut akan kehilangan unsur hara yang sangat penting bagi nutrisi tanaman padi. Pada akhirnya padi akan menjadi lemah bahkan mati.

 

Sebelum mengetahui cara-cara efektif basmi walang sangit, berikut beberapa fakta penting yang perlu Anda ketahui tentang Walang Sangit.

 

Fakta Penting Walang Sangit

 

Walang sangit berwarna cokelat keabuan dan tubuhnya berbentuk memanjang sekitar 2cm dan memiliki belalai yang berfungsi untuk menghisap cairan pada tanaman padi. Jika walang sangit menghisap cairan pada buah padi, maka padi tersebut dapat mengalami kekurangan unsur hara yang menyebabkan keadaan padi menjadi melemah.

 

Selain menghisap cairan buah padi, walang sangit juga kerap menghisap cairan pada tangkai bunga. Walang sangit memiliki sistem pertahanan diri yakni dengan memproduksi bau yang menyengat sehingga hewan ini diberi nama “sangit” kkarena baunya yang menyengat hidung. Walang sangit tertarik dengan bau busuk atau bau bangkai seperti bangkai kepiting, kotoran hewan dan lain sebagainya.

 

Cara Mudah dan Tepat Basmi Walang Sangit

 

Itulah tadi hal-hal penting yang perlu Anda ketahui tentang walang sangit. Selanjutnya, informasi penting yang perlu Anda ketahui yakni tentang cara-cara mudah dan efektif dalam menangani walang sangit. Berikut beberapa cara yang dapat Anda ikuti.

 

1. Cairan Air Sabun

 

Cara yang satu ini sangat mudah dan ampuh untuk membasmi walang sangit. Anda hanya perlu mempersiapkan air hangat yang telah dicampur sabun cari seperti sabun cuci piring. Lalu, masukkan kedalam botol semprot. Kemudian Anda hanya perlu menyemprotkannya ke walang sangit.

 

Baca Juga  Scabies, Penyakit Kulit Menyeramkan Akibat Tungau

 

2. Pestisida Organik

 

Penggunaan pestisida organik juga merupakan cara yang tepat karena tidak hanya membasmi walang sangit hingga tuntas tapi juga tetap menjaga kesehatan tanaman padi. Namun, penggunaan pestisida organik juga perlu mempertimbangkan berbagai hal seperti takaran yang tepat dan teratur.

 

3. Campuran Ekstrak Daun Sirsak dan Tembakau

 

Cara alami lainnya yakni dengan membuat cairan ekstrak sirsak dan tembakau. Pertama, Anda hanya perlu menghaluskan daun sirsak dan tembakau. Lalu, rendam dengan air selama 1 hari. Peras dan saring air rendaman lalu larutkan dan semprot ke tanaman padi untuk membasmi walang sangit.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung