Wisata Sawah

marsono_marsono 13 Februari 2021 19:10:49 WIB

Wisata sawah

 

Wisata Sawah memang sedang digemari belakangan ini. Ada berbagai sawah yang begitu ikonik dan dijadikan destinasi wisata mulai dari Ubud, Yogyakarta sampai yang terbaru ada di Jawa Tengah.

Berikut ini aneka destinasi tengah sawah di Jawa Tengah dan sekitarnya:

 

1. Wisata Tengah Sawah (WTS) Grobogan

Melansir situs Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, yang diterbitkan 2017 lalu, Wisata Tengah Sawah memang ada di tengah persawahan. Destinasi ini cocok untuk dikunjungi keluarga.

 

Wisata Tengah Sawah berlokasi di Jalan Semarang-Purwodadi. Lokasi tepatnya ada di Kecamatan Gubug, Grobogan, Jawa Tengah.

 

Hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 2.000 per orang untuk bisa masuk ke Wisata Tengah Sawah. Destinasi ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.30-17.30 WIB.

 

Ada berbagai wahana yang bisa traveler coba di Wisata Tengah Sawah. Karena, di sini ada ATV, mobil-mobilan, motor trail untuk anak-anak dan lain-lain tentu berbiaya di luar hari.

 

2. SvargaBumi

Bergeser sedikit ke luar Kota Yogyakarta, ada sebuah objek wisata alam yang sedang hits beberapa bulan terakhir. Objek wisata ini terletak tak jauh dari kawasan Candi Borobudur, Magelang.

 

Yup, apalagi kalau bukan SvargaBumi. Di sini traveler dapat melihat hijaunya sawah sejauh mata memandang.

 

Serunya lagi, SvargaBumi ini menyediakan lebih dari 20 spot selfie. Selain itu ada pula gazebo dan tempat duduk yang dapat digunakan untuk bersantai.

 

SvargaBumi terletak di Dusun Ngaran dan Gopalan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Traveler cukup membayar Rp 25 ribu untuk dapat menikmati wisata ini sepuasnya.

 

SvargaBumi buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB di hari biasa. Sementara untuk Sabtu dan Minggu mulai pukul 06.30-18.00 WIB.

 

Nah, jika sudah tahu objek wisata kekinian di Yogyakarta, saatnya rencanakan liburanmu di sana. Jangan lupa, tetap patuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

 

3. Persawahan di Bulak Pronosutan Kulon Progo

Berwisata menjadi salah satu cara untuk menghilangkan penat setelah sepekan bekerja. Rutinitas di kantor menjadikan tubuh perlu dimanjakan dengan kesegaran alam.

 

Kabupaten Kulon Progo punya banyak tempat-tempat wisata alam di Perbukitan Menoreh. Selain mudah dijangkau, panoramanya yang indah cocok bagi yang hobi foto-foto mengabadikan momen-momen spesial.

 

Salah satu tempat yang booming untuk selfie dan berfoto adalah hamparan persawahan yang ada di Bulak Pronosutan. Lokasinya ada di Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan.

 

Wisatawan bisa berfoto di tengah hamparan sawah Bulak Pronosutan dengan kondisi siap panen. Sementara background di belakang merupakan hamparan Perbukitan Menoreh yang hijau. Jika cuaca sedang cerah, Gunung Merapi akan nampak dengan gagahnya di sisi utara.

 

4. Persawahan di JSPB Songgo Langit Bantul

Jika liburan ke Bantul kamu harus singgah ke Desa Wisata Mangunan. Di sana ada sawah cantik yang kekinian banget!

 

Tak hanya terkenal dengan Kebun Buah Mangunan saja, Desa Wisata Mangunan di Bantul, DI Yogyakarta, ternyata memiliki tempat wisata yang menyuguhkan keasrian dan keindahan persawahan. Tempat itu bernama Jelajah Sawah Pertanian Bawongan (JSPB) Songgo Langit.

 

Selain menyuguhkan keasrian dan keindahan persawahan, pengunjung juga dapat menyusuri persawahan itu dengan berjalan kaki di sepanjang jembatan bambu yang berbentuk melingkar. Sembari menyusuri JSPB Songgo Langit, pengunjung dapat berswafoto dengan background persawahan yang hijau nan luas.

 

Untuk mencapai JSPB Songgo Langit, traveler hanya perlu melakukan perjalanan darat sejauh 23 Km dari Kota Yogyakarta ke arah Kebun Buah Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Sesampainya di Kebun Buah Mangunan, hanya perlu mengikuti jalan beraspal menuju Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul.

 

JSPB Songgo Langit sendiri mudah ditemukan, mengingat terletak di pinggir jalan raya dan memiliki ciri khas jembatan bambu yang melingkar di tengah persawahan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung