PUASA DAN OTAK

marsono_marsono 15 April 2021 05:01:10 WIB

PUASA DAN OTAK

 

Tidak ada yang meragukan manfaat puasa bagi kesehatan, namun ternyata lebih dari itu. Puasa sangat bermanfaat terhadap pembaharuan sel-sel otak.

 

Dalam keseharian kita, tubuh banyak menggunakan glukose sebagai sumber energi. Glukose bisa diperoleh dari asupan makanan yang mengandung karbohidrat. 

 

Namun sebenarnya tubuh juga punya energi lain selain glukose, yakni glikogen dan asam lemak yang tersimpan di hati (liver).

 

Saat berpuasa asupan karbohidrat kurang, sehingga tubuh mempergunakan energi cadangan (glikogen dan asam lemak). Hal ini bermanfaat karena energi cadangan yang terpakai akan menstimulus proses regenerasi sel agar bekerja memproduksi cadangan energi kembali.

 

Otak pada saat puasa, mau tidak mau juga mempergunakan glikogen dan asam lemak untuk energi. Hal ini akan menstimulus otak melakukan autofagi, yakni proses memakan sendiri sel-sel yang rusak sehingga mendorong otak melakukan regenerasi atau memperbaharui sel-sel otak. Otak menjadi lebih fresh dan kinerja menjadi lebih baik.

 

Jadi puasa tidak hanya memperbaharui ketakwaan tetapi juga memperbaharui sel-sel otak.

 

Ida Rochmawati

Psikiater di RSUD Wonosari dan RS PKU Muhammadiyah Wonosari Gunungkidul Yogyakarta.

Untuk informasi lebih lanjut bisa follow instagram @idapsikiater

 

#otaksehat #puasa #motivasi #motivasidiri #muhasah #muhasabahdiri #sehatjiwa #sehatmental #psikologi #psikiatri #psikiater

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung