Kalurahan Dengok Kapanewon Playen Adakan Muskalsus Penetapan Hasil SDGs Desa

marsono_marsono 04 Juni 2021 19:13:12 WIB

Kalurahan Dengok Kapanewon Playen Adakan Muskalsus Penetapan Hasil SDGs

 

Kalurahan Dengok Kapanewon Playen Melalsanakan Musyawarah Kalurahan Khusus (Muskalsus) Penetapan Hasil Pendataan Sustainable Development Goals (4/6/21) yang dihadiri oleh Lurah beserta Pamong Kalurahan, Relawan Pokja SDGs dari 6 Padukuhan yang ada, Pengurus BPKal, unsur Bamuskal, PD, PLD, Babinsa, Babinkamtibmas, serta dari unsur Pejabat Kapanewon Playen.

Mengawali Muskalsus, dalam sambutannya Lurah Dengok Suyanto, S.T menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada para relawan yang telah bekerja dengan sangat keras, siang malam, mulai dari tanggal 1 April – 30 Mei, sehingga pendataan bisa selesai tepat waktu sesuai jadual yang sudah ditentukan oleh Kapusdatin Kementerian Desa PDTT, dan harapannya semoga data-data survey yang dihasilkan bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan pembangunan kalurahan Dengok agar lebih baik dan tepat sasaran.

 

Ketua Pokja Relawan SDgs Desa di Kalurahan Dengok, Emi Mintarsih, S.IP menjelaskan bahwa survey dilakukan dengan metode sensus partisipatoris, yang terdiri dari survey Desa, Rukun Tetangga, Keluarga, dan Individu telah mencapai 100% dan tepat waktu sesuai deadline yang ada.

 

Menanggapi pemaparan materi yang telah dilakukan oleh Pimpinan Musyawarah, Suyanto, S.T Lurah Dengoj, dalam beberapa poinnya menyatakan bahwa SDM Kalurahan telah cukup mumpuni dalam penggunaan IT, karena pendataan SDGs berbasis pada aplikasi software yaitu menggunakan perangkat komunikasi dengan sistem android yang melibatkan jaringan server dari pusat dan daerah.

 

” dan harapannya ke depan para relawan untuk tetap dilibatkan dalam pendataan kalurahan yang berbasis IT, karena telah teruji dalam kapasitas maupun pengalamannya “, imbuhnya.

 

 Kalurahan Dengok bisa menjadi leading dalam pelaksanaan Muskalsus SDGs, dan harapannya semoga bisa memotivasi kalurahan-kalurahan lain untuk bisa segera menyelesaikan pendataan. Ditambahkan pula dari data yang ada, bisa bermanfaat untuk progress pembangunan di Ngipak, baik infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat, karena perencanaan pembangunan yang dilakukan riil berdasarkan permasalahan yang ada di lapangan.

 

Mengakhiri Giat Muskalsus, setelah pemaparan dari Bamuskal menetapkan dan bisa disepakati oleh seluruh peserta, maka penandatanganan Berita Acara dilaksanakan oleh Lurah selaku Pembina, Carik selaku Ketua Pokja Pendataan SDGs Desa, Ketua Bamuskal, Pendamping Lokal Desa, dan 5 orang perwakilan dari relawan.

Maryadi, Etik Nurhidayanti, Nina Rustina, Tri Wahyudi.

Marsono mengabarkan

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung