KESAKTIAN PANCASILA

marsono_marsono 30 September 2021 21:40:14 WIB

Sekilas Sejarah Mengenai Hari Kesaktian Pancasila

 

Sebagai warga negara Indonesia yang cinta tanah air, tentu tak lupa bahwa tiap tanggal 1 Oktober kita senantiasa memperingati adanya hari besar Nasional yakni Hari Kesaktian Pancasila. Berhubungan dengan hal itu, kali ini lensamedia.co akan memaparkan sepotong sejarah Hari Kesaktian Pancasila.

 

Peristiwa di awali setelah Indonesia merdeka. 20 tahun sesudah Indonesia merdeka, tepatnya pada 30 September 1965, terjadi peristiwa memilukan. Pada waktu itu terjadi pemberontakan yang bertujuan untuk menggantikan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

 

Terdapat banyak orang yang berperan penting bagi Indonesia menjadi korban dalam peristiwa tersebut. Peristiwa itu hingga saat ini dikenal dengan nama Pemberontakan G30S PKI.

 

Untungnya, pemberontakan itu berhasil dihentikan. Keberhasilan ini tak luput dari peran dan bersatunya banyak pihak yang terlibat.

 

Pihak-pihak itu bersatu dengan menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Akhirnya, pada tanggal 1 Oktober 1965 diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung