Pelaksanaan Program Kerja Mahasiswa KKN USD ANGKATAN-65 DI PAUD Lestari & SDN Dengok 2

DENGOK 18 Januari 2023 14:42:20 WIB

Selasa, 17 Januari 2022

Kegiatan mahasiswa KKN Universitas Sanata Dharma angkatan LXV telah memasuki hari ke-15. Segala kegiatan pelaksanaan program kerja pada hari sebelumnya berjalan dengan baik dan lancar. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang bertugas di Padukuhan Dengok V hari ini berfokus pada terlaksananya dua program kerja utama, yakni:

  1. Pelaksanaan Program Kerja “Edukasi Hidup Sehat” di PAUD Lestari

Kegiatan hari ini dibuka dengan kegiatan senam bagi anak-anak usia dini yang dipimpin langsung oleh Ibu Erni selaku Kepala Sekolah PAUD Lestari dan beberapa guru-guru lainnya. Anak-anak terlihat aktif dalam mengikuti setiap gerakan yang di peragakan oleh para guru. Setelah melakukan kegiatan senam, anak-anak pun diajak untuk berbaris agar kegiatan pembelajaran segera dimulai. Aktivitas pembelajaran dibuka dengan berdoa bersama. Aktivitas pembelajaran berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnya, anak-anak yang telah dibekali materi pelajaran diajak untuk mempraktekkan cara menyikat gigi yang baik sesuai dengan materi “Edukasi Hidup Sehat”. Aster sebagai mahasiswa yang menjadi penanggung jawab langsung kegiatan program kerja ini puun memperagakan cara menyikat gigi yang baik dan benar. Anak-anak terlihat cukup senang dan aktif dalam mengikuti aktivitas ini. Terakhir, anak-anak yang sudah menyikat giginya diajak untuk memakan buah-buahan. Memakan buah-buahan merupakan salah satu materi dari program kerja “Edukasi Hidup Sehat”. Dalam kegiatan ini anak-anak memakan buah dengan lahap, hingga seorang anak bernama Hafiz meminta tambahan buah-buahan sebanyak 4 kali. Adapun pelaksanaan program kerja “Edukasi Hidup Sehat” di PAUD Lestari berjalan dengan lancar dan sukses.

  1. Pelaksanaan Program Kerja “Edukasi Pengenalan Pemilahan Sampah Organik dan Anorganik” di SDN Dengok 2

            Sehabis melaksanakan kegiatan di PAUD Lestari, para mahasiswa bergegas menuju ke SDN Dengok 2 yang bertempat tidak jauh dari PAUD. Beberapa mahasiswa datang lebih awal untuk mempersiapkan beberapa keperluan yang diperlukan dalam pelaksanaan program kerja. Kegiatan dalam program kerja ini akan diisi dengan sosialisasi mengenai sampah oleh Nadya selaku penanggung jawab dan ujian mini dalam bentuk praktek membedakan sampah-sampah organik dan anorganik bagi siswa-siswa SD. Kegiatan hari ini diikuti oleh seluruh siswa/i kelas 1 dan 2. Siswa dan siswi terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi dengan ikut serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan oleh Mbak Nadya. Pada akhir kegiatan, siswa diajak untuk membedakan sampah-sampah yang telah dipersiapkan untuk dibuang ke dalam tempat sampah mini. Keseluruhan peserta kegiatan berhasil membedakan sampah sesuai dengan klasifikasi organik dan anorganiknya. Alhasil, siswa diberikan hadiah berupa jajanan untuk mengapresiasi keaktifan dan keikutsertaannya dalam kegiatan yang dilakukan pada hari ini. Sama seperti program kerja sebelumnya, kegiatan “Edukasi Pegenalan Pemilahan Sampah Organik dan Anorganik” berjalan dengan lancar dan sukses.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung