Pelatihan Asman Toga oleh Bapelkes DIY

marsono_marsono 14 Maret 2023 22:04:12 WIB

          Balai Pelatihan Dan Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta Selasa, 14 Maret 2023 melaksanakan kegiatan pelatihan di kalurahan Dengok.

      Peserta sebanyak 30 orang dari 30 Puskesmas se Kabupaten Gunungkidul.

  Undangan dari Warga Dengok sebanyak 45 yang terbagi menjadi 3 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 15 undangan dan 10 Peserta plus 3 fasilitator dari dunia kesehatan (Copas) Dinas Kesehatan dan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) DI Yogyakarta bersama Pemerintah Kalurahan Dengok, Kapanewon Playen, menggelar Advokasi Asuhan mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) dan Akupresur. Acara berlangsung di Balai kalurahan Dengok, Kapanewon Playen pada Selasa (14/03) pagi.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan pelatihan gelombang ke-2 dari para motivator yang terdiri dari para dokter serta paramedis yang merupakan perwakilan dari 30 Puskesmas se-Gunungkidul.

Para motivator tersebut sebelumnya sudah melaksanakan pelatihan di Bapelkes DI Yogyakarta selama beberapa hari dan mengimplementasikannya di Kalurahan Dengok.

Acara ini membahas tentang cara pengembangan tanaman obat keluarga, pencegahan hipertensi, dan sakit ringan dengan metode akupresur. Metode akupresur yang kenalkan yaitu pemijatan pada titik pusat sakit.

Di Kalurahan Dengok ini sudah memiliki kelompok pembudidaya tanaman obat tradisional sehingga dapat sinkron dengan tujuan acara ini,”

Suyanto menuturkan bahwa Kalurahan Dengok memang sengaja dipilih untuk dijadikan sampel dalam program Asman Toga. Hal itu lantaran Kalurahan Dengok juga termasuk dalam binaan di wilayah kerja UPT Puskesmas Playen II. 

Terkait kelompok advokasinya, diambilkan dari unsur Kapanewon, Lurah, Kasi, Kaur, Dukuh, beserta staf,” kata Suyanto.

Ia berharap, Asman Toga dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya guna meningkatkan angka kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Dengok

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung