Anyaman Tali Kurr

marsono_marsono 30 Maret 2019 21:19:27 WIB

SID _ Desa Dengok. Sabtu, 30 maret 2019. Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul memberikan anggaran stimulan kepada perpustakaan desa yang akan melakukan kegiatan pelibatan masyarakat.

     Salah satu perpustakaan desa yang melakukan kegiatan pelibatan masyarakat tersebut adalah Perpustakaan Khasanah Ilmu Desa Dengok, Kecamatan Playen yang melakukan kegiatan Pelatihan Anyaman Tali Kurr (30/03/2019).

    Pada kesempatan ini Adriana, S.Sos., MAP. bersama Siti Indarwati, SIP. dari DPK Kabupaten Gunungkidul melakukan mentoring ke Perpustakaan Khasanah Ilmu Desa Dengok Kecamatan Playen yang ditemui oleh Sumartini, S.Sos., Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum Desa Dengok.

 

      Peserta pelatihan ini berjumlah 39 orang yang berasal dari segmen perempuan. Narasumber pelatihan ini berasal dari warga lokal Desa Dengok yaitu Erna Mayawati, S.Sos dengan di fasilitasi pengelola perpustakaan.

      Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah agar kaum perempuan memiliki keterampilan yang dapat menambah pendapatan keluarga. Pelatihan ini hanya membutuhkan bahan yang sangat sederhana, diantaranya tali kurr, gunting, dan korek api.

     Anggaran berasal dari APBD melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul. Selain itu juga mendapatkan tambahan anggaran untuk pembelian bahan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Dengok. 

        Hasil anyaman yang berasal dari tali kurr ini berupa dompet, tas, dan dompet telepon genggam yang dapat dijual minimal dengan harga Rp. 75.000 tergantung dari banyaknya bahan yang digunakan. Dengan bermodalkan bahan yang sederhana dan tidak banyak biaya tersebut masyarakat dapat menambah pendapatan keluarga. Tetapi lebih dari itu modal terpenting adalah semangat, ketelatenan serta keuletan. (Abi_copas) 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung