Peringati Hari Anak Nasional 2023, Kalurahan Dengok Gelar Festival Hari Anak Selama Dua Hari

KKN UGM KALURAHAN DENGOK 31 Juli 2023 07:49:48 WIB

     SID- Kalurahan Dengok. Menyambut Hari Anak Nasional tahun 2023, Kalurahan Dengok berkolaborasi dengan mahasiswa KKN PPM UGM mengadakan Festival Hari Anak yang berhasil diselenggarakan selama dua hari berturut-turut. Mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, Festival Hari Anak ini menjadi ajang bagi anak-anak di kawasan Dengok untuk memamerkan ragam potensi yang mereka miliki. 

        Pada Jumat, 28 Juli 2023, rangkaian acara Festival Hari Anak dibuka dengan diselenggarakannya Lomba Mewarnai dan Baca Puisi tingkat Kalurahan Dengok. Anak-anak merespon acara ini dengan antusias tinggi yang ditandai dengan membludaknya jumlah pendaftar lomba hingga mencapai angka 130 lebih peserta. Anak-anak mulai dari tingkatan PAUD, TK, SD, hingga SMP terlihat telah memadati area Kalurahan Dengok sejak pukul 15.00 WIB.

     Selanjutnya, puncak acara dilangsungkan pada hari Sabtu, 29 Juli 2023. Bertempat di Balai Kalurahan Dengok, puncak Festival Hari Anak berjalan sangat meriah. Dalam agenda ini, turut hadir Bunda Paud Kabupaten Gunungkidul, Dinas Sosial P3A, Kapanewon, Danramil, dan Kapolsek yang memberikan banyak petuah agar anak-anak dapat terus memaksimalkan potensi dan berani bercita-cita tinggi. 

      Pengumuman pemenang untuk setiap kategori lomba juga dilakukan pada saat puncak acara. Adapun untuk Lomba Baca Puisi, juara 1 diraih oleh Aza dari Dengok VI dan posisi kedua ditempati oleh Eva dari Dengok V. Sementara itu, Lomba Mewarnai Kategori Mudah dimenangkan oleh Nafisa dari Dengok V, Kategori Sedang dimenangkan Aurel dari Dengok VI, dan Kategori Sulit dimenangkan Clauvita dari Dengok I. 

      Acara juga dimeriahkan dengan penampilan putra-putri Dengok yang membawakan berbagai macam tarian nusantara. Ditampilkan pula pameran hasil karya lukisan hingga eco-print yang dibuat anak-anak. Tak hanya itu, peringatan Hari Anak Nasional di Desa Dengok makin semarak dengan adanya persembahan magician Jack Sparrow. Anak-anak tampak bersemangat menikmati setiap atraksi yang dibawakan Jack Sparrow. 

    “Sangat menyenangkan melihat semangat dan antusias anak-anak dalam Festival Hari Anak tahun ini. Semoga bakat yang dimiliki anak dapat tersalurkan lewat kompetisi dan pentasi seni yang berhasil terselenggarakan melalui kerja sama berbagai pihak. Semoga di tahun depan pelaksanaan Festival Hari Anak juga bisa lebih meriah lagi serta dapat memberi banyak manfaat,” demikian tutur Retno Dwi Andongsari, mahasiswi KKN PPM UGM yang bertugas sebagai ketua pelaksana acara.

     Festival Hari Anak Kalurahan Dengok tahun 2023 ini juga diharapkan dapat menjadi pengingat bagi semua pihak untuk dapat memberikan ruang berekspresi bagi setiap anak dan memberikan perlindungan yang maksimal agar anak dapat tumbuh serta berkembang secara optimal. (KKN UGM) 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung