Racun Alami Pada Tanaman Pangan.

marsono_marsono 08 Januari 2024 21:44:23 WIB

Bayam

Asam oksalat banyak ditemukan pada tumbuhan, termasuk sayuran. Namun karena asam oksalat dapat mengikat nutrisi penting dalam tubuh, mengonsumsi makanan tinggi asam oksalat dapat menyebabkan kekurangan nutrisi, terutama kalsium. Asam oksalat merupakan asam kuat yang dapat mengiritasi saluran pencernaan, terutama lambung. Asam oksalat juga berperan dalam pembentukan batu ginjal. Untuk menghindari efek negatif asam oksalat, sebaiknya kita tidak banyak mengonsumsi makanan yang mengandung senyawa ini.

Kulit

Singkong mengandung racun linamarin dan lotaustralin, keduanya termasuk dalam kelompok glikosida sianogenik. Linamarin terdapat di seluruh bagian tanaman, terutama pada akar dan daun. Singkong terbagi menjadi dua jenis, pahit dan manis. Singkong jenis pahit memiliki toksisitas lebih tinggi dibandingkan jenis singkong manis. Jika singkong mentah atau kurang matang dimakan, racunnya akan berubah menjadi senyawa kimia bernama hidrogen sianida yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Singkong manis mengandung kurang dari 50 mg sianida per kilogram, sedangkan singkong pahit mengandung lebih dari 50 mg sianida per kilogram. Meski tubuh masih bisa menoleransi sianida dalam jumlah kecil, namun jumlah sianida yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh melebihi 1 mg per kilogram berat badan per hari. Gejala keracunan sianida antara lain penyempitan kerongkongan, mual, muntah, sakit kepala, dan pada kasus yang parah dapat menyebabkan kematian. Untuk mencegah keracunan singkong, sebelum mengkonsumsi singkong sebaiknya kulit singkong dicuci bersih untuk menghilangkan kotoran, kupas kulitnya, potong-potong, rendam dalam air panas bersih selama beberapa hari, lalu cuci bersih, lalu masak hingga matang, atau goreng itu. dia. atau rebus. Ubi jalar hanya perlu dipotong dan dimasak untuk mengurangi kadar sianida ke tingkat tidak beracun.

Rebung

Racun alami rebung termasuk dalam kelompok glikosida sianogenik. Untuk menghindari keracunan akibat konsumsi rebung, sebaiknya buang terlebih dahulu daun terluar bambu yang akan dimasak, potong halus, dan masak dalam air mendidih yang diberi sedikit garam selama 8 hingga 10 menit. Gejala keracunannya mirip dengan keracunan singkong, antara lain penyempitan kerongkongan, mual, muntah, dan sakit kepala. Dengok, (SID) - Mimi

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung