Sigumi di Pelantikan PPS

marsono_marsono 27 Mei 2024 06:15:47 WIB

KPU Gunungkidul meluncurkan Si Gumi, maskot Pilkada 2024, berbentuk seekor walet. Ikon tersebut terinspirasi dari logo Pemkab Gunungkidul. Apa maknanya?

Ketua KPU Gunungkidul, Ibu Asih Nuryanti, mengatakan Si Gumi merupakan akronim dari aspirasi Gunungkidul Memilih. Asih menyebutkan maskot tersebut berbentuk seekor burung walet yang terinspirasi dari walet di logo Pemkab Gunungkidul.

"Si Gumi itu inspirasi dari walet yang ada di logonya Pemda," jelas ibu Ketua KPU Gunungkidul. 

 Juga walet memiliki filosofinya sendiri. Dia mengatakan walet merupakan binatang yang dapat bertahan pada situasi yang sulit sekali pun. slogan Pilkada Gunungkidul tahun 2024, memetri demokrasi, lurus, leres, ldan aras. Maskot tersebut juga menyimpan makna integritas dan profesionalitas.

"(Terdapat makna) Integritas, profesionalitas, dan itu semuanya. Misalnya pemilih dihadapkan dengan situasi yang sulit, harus memilih sesuai hati nurani," jelasnya.

Slogan Pilkada Gunungkidul itu berlaku terhadap seluruh lapisan elemen, mulai dari KPU, pemerintahan hingga masyarakat. Dia berharap pada Pilkada Gunungkidul 2024 semua elemen bisa menjaga berlangsungnya pemilihan yang jujur dan adil.

"Semua pihak punya situasi sulit, peserta pemilu misalnya kampanye dengan memetri demokrasi dengan cara lurus, leres, laras, maka tentu pilihannya adalah kampanye dengan cara yang baik," ujarnya.

Pembuatan maskot tersebut, kata Asih, menghabiskan waktu sekitar sebulan lamanya. Meski begitu, munculnya ide maskot berbentuk walet dinilai cepat.

"Sekitar satu bulan (proses pembuatan maskot), kalau idenya cepat. Dalam menemukan bentuk utuhnya satu bulan. Para komisioner KPU yang membahas,"

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung