UMKM Padukuhan : Kerupuk Pak Tulus Berikan Dampak Positif Bagi warga Padukuhan Dengok IV

marsono_marsono 06 Juni 2024 18:18:12 WIB

UMKM Padukuhan : Kerupuk Pak Tulus Berikan Dampak Positif Bagi warga Padukuhan Dengok IV

 

Di Padukuhan Dengok IV, terdapat sebuah usaha mikro yang masih bertahan dengan memproduksi olahan makanan yaitu Kerupuk. UMKM padukuhan olahan kerupuk ini milik salah satu warga Padukuhan Dengok IV yaitu Bapak Tulus yang berlokasi di RT 14 Padukuhan Dengok IV, Kalurahan Dengok, Kapanewon Playen, Kab. Gunungkidul.

Usaha rumahan yang ditekuni oleh Bapak Tulus ini juga melibatkan warga sekitar dalam proses produksinya tidak hanya menciptakan produk yang berkualitas dan bisa bersaing di pasar lokal, tetapi juga memberikan dampak ekonomi yang positif bagi warga masyarakat Padukuhan Dengok IV.

Kerupuk-kerupuk yang di produksi dipasarkan dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 4.000 hingga Rp 10.000 per bungkus, menjadikannya pilihan yang ekonomis untuk semua kalangan masyarakat. Tidak hanya di warung-warung se-Kapanewon Playen, kerupuk Pak Tulus juga telah menjangkau pasar di luar wilayah kapanewon Playen.

UMKM yang berkembang di padukuhan Dengok IV tentunya bisa berperan sebagai jarring pengaman sosial terutama untuk masyarakat yang memiliki pendapatan di bawah rata-rata dengan cara menjalankan ekonomi produktif dan membangkitkan pemberdayaan masyarakat di lingkungan padukuhan

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung