Tips Liburan saat Lebaran

marsono_marsono 06 Juni 2019 06:41:11 WIB

Tips Wisata Bersama Keluarga Setelah Lebaran

 

Lebaran merupakan kesempatan emas untuk kumpul keluarga. Terutama bagi keluarga yang banyak merantau ke daerah lain, jauh dari kampung halaman. Saatnya kembali bercengkrama untuk menyatukan keceriaan. Beberapa tips wisata setelah lebaran ini mungkin akan berguna untuk keluarga kamu.

 

Tempat wisata selalu menjadi destinasi utama setelah Lebaran. Untuk itu ada baiknya sudah melakukan survey dari sekarang tempat mana saja yang cocok untuk wisata keluarga. Baiknya tempat wisata untuk keluarga tidak sulit dijangkau dan terdapat banyak kamar kecil. Hal ini untuk mengantisipasi kebutuhan orang tua yang suka ke belakang. Tempat wisata yang baik untuk libur Lebaran tidak harus mahal yang penting bisa membuat keluarga senang dan bisa kembali bersilaturrahmi dalam suasana riang dan gembira.

 

1. Berdo'a lah sebelum memulai kegiatan apapun.

 

Manusia hanya berencana dan Tuhan yang punya kehendak. Namun takdir pun dapat diubah menjadi baik jika manusia berdoa. Jangan lupakan untuk tetap berdoa dan berlindung pada Tuhan. Perhatikan perubahan cuaca di sekitar tempat wisata. Jika hujan terus menerus atau sedang musim angin, sebaiknya cari tempat wisata yang relatif aman dari gangguan cuaca.

 

2. Siapkan Anggaran Liburan

 

Berapapun anggota keluarganya anggaran dana tetap harus dikalkulasi dan dipersiapkan. Pilih tempat wisata yang terjangkau. Wisata mata air, danau, pantai dan kolam renang biasanya masih menjadi primadona tempat wisata libur Lebaran selaian wisata-wisata alam seperti air terjun dan taman hutan raya.

 

3. Diskusikan Tujuan Liburan Bersama Anggota Keluarga

 

Hindari berlibur Lebaran di tempat yang sama pada Lebaran sebelumnya. Maksudnya untuk mencari suasana yang berbeda untuk memberikan wisata yang berkesan bagi keluarga. Tidak ada salahnya berdiskusi dengan keluarga tentang tujuan wisata yang paling diinginkan untuk dikunjungi saat libur Lebaran.

 

4. Membawa Makanan Bekal Dari Rumah

 

Dengan membawa keluarga secara rombongan hendaknya menyiapkan makanan atau bekal dari rumah. Maksudnya agar pengeluaran untuk konsumsi bisa ditekan. Bukan berarti tidak boleh jajan. Selain bisa menghemat pengeluaran juga kesehatan dan nilai gizinya lebih terjamin bila dipersiapkan sendiri dari rumah.

 

5. Persiapkan Alat Piknik

 

Siapkan peralatan pokok untuk piknik seperti tikar atau alas duduk lainnya. Di tempat wisata memang bisanya disediakan penyewaan tikar. Agar bisa menghemat anggaran liburan, tidak ada salahnya mempersiapkan tikar dari rumah agar bisa digunakan saat wisata bersama keluarga.

 

6. Jangan Lupa Kamera

 

Bawalah kamera yang mumpuni untuk menangkap keceriaan bersama keluarga. Boleh bawa kamera DSLR atau mirrorless, yang penting bisa merekam semua kebahagiaan keluarga saat liburan. Jangan lupa untuk berfoto bersama secara lengkap di tempat wisata. Jika memang perlu, bawalah tripod atau sejenisnya agar tidak selalu meminta bantuan orang lain untuk berfoto bersama.

 

7. Lengkapi Obat-Obatan dan Kelengkapan P3K

 

Hal yang kerap dilupakan adalah kelengkapan kotak P3K. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi saat berwisata. Namun sebagai bentuk kewaspadaan dan persiapan sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, ada baiknya obat penting dan P3K juga dilengkapi dan dibawa serta.

 

8. Cek Kesiapan Kendaraan

 

Kondisi fisik kendaraan sudah harga mati saat libur lebaran. Pelajari kondisi jalan dan medan jalan menuju tempat tujuan. Jika tempat tujuan cukup terjal, berliku dan mendaki, tentu harus diperhitungkan dengan beban yang dibawa dalam kendaraan. Jangan sampai libur Lebaran menjadi gagal karena kendaraan mogok di jalan.

 

9. Reservasi Hotel Lebih Awal

 

Jika tempat wisata jauh dari kampung halaman dan sudah menjadi destinasi impian bersama keluarga. Cek segera ketersediaan hotel yang paling dekat di tempat wisata. Segera reservasi hotel dari hendpone anda.

 

Kemanapun tujuan liburanmu, semoga selamat sampai tujuan. 

 

Dari berbagai sumber

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung